Mengakses CCTV Melalui Internet

Posted in Networking on June 20st, 2008 | (21) Comments

Beberapa pengunjung masuk ke blog ini untuk mencari tahu cara mengakses CCTV lewat internet. Jika CCTV-nya adalah milik orang lain, maka tentu saja harus bertanya kepada yang punya tentang IP/URL CCTV tersebut. Tetapi jika Anda ingin mengeset CCTV Anda sendiri supaya bisa diakses lewat internet, maka berikut bahasannya.

Jika anda sudah menggunakan CCTV dilengkapi dengan DVR (Digital Video Recorder) yang dilengkapi dengan port RJ-45 (Port untuk UTP), maka Anda tentu bisa mengaksesnya melalui interface yang disediakan oleh vendor. Ada dua interface, yang berbasis web dan berbasis aplikasi desktop.

Agar CCTV bisa diakses dari Internet, Anda membutuhkan IP Publik untuk DVR Anda. Jika anda hanya mempunyai IP lokal, Anda bisa meminta ISP Anda untuk melakukan routing dari IP Publik mereka ke IP lokal Anda.

Tetapi jika DVR Anda menggunakan IP lokal dan Anda mempunyai IP Publik (misalnya di router), Anda bisa melakukan routing sendiri. Caranya saya paparkan di sini.

Popularity: 100% [?]

Comments:

21 Responses to “Mengakses CCTV Melalui Internet”


  1. Informasi yang menarik …. saya pengen juga pasang CCTV dirumah baru biar kalau ada tamu sudah kelihatan trus sebelum ketuk pintu, pintu sudah terbuka, biar dikira orang pintunya otomatis.

    Saya masukkan dalam daftar link saya ya … kalau lagi up-date Insya Allah nanti setelah sholat dhuhur …


  2. Wah, terima kasih mas sudah mau ngelink plus berkunjung ke blog saya ini. Bagian link saya belum ada, masih ada rencana ganti theme. Rebranding :D

    Mo pasang CCTV ya, enak lagi kalo bisa diakses lewat internet ya..


  3. hmmm…
    aku searching dulu deh..
    cari inpo..
    hehehe..


  4. emang keren kalau masang cctv tapi kalau bisa sekuritasnya dijaga krn berkat query google hacking, seseorang bisa mengaksesnya dari internet dan mungkin nantinya bisa melihat apa yg seharusnya mereka ngak liat


  5. bagaimana caranya supaya bisa internet cctv. rumah saya ada dvr dan ada internet pakai m2. terima kasih


  6. Terima kasih atas infonya dan banyak membantu banget. Sudah 1 bulan saya sudah pasang di rumah. Rasanya lebih aman aja… Mungkin dalam waktu dekat akan saya aplikasikan CCTV seperti info dari Anda. Nampaknya akan lebih menarik lagi, akses CCTV via internet.


  7. Good level of information here. There is so much data around about this subject that every now and then you cannot see the wood for the trees but you have pitched this at completely the appropriate level so that the lay person can understand – thank you!


  8. permisi saya mau nanya??
    seumpama da CCTV yg selalu stndby dipabrik A,trus terhubung dengan komputer A(yg da di pabrik tsb),lalu gmna caranya mengakses komputer A,agar trhubung dengan komputer B(misal komputer dirumah saya,yg jauh letaknya dr pabrik tsb)melalui Internet,apa yg harus sy lakukan dan software apa saja yang dibutuhkan..?
    mohon pencerahannya,krn sy msh neubi,klw tdk keberatan mohon dikirimkan lewt email saya ,,sblumnya & ssudahnya trima ksih,,


  9. Mas mnumpang tanya nih… saya sudah pasang DVR dan saya sudah kasi IP static IP, melalui kabel Lan DVR saya hubungkan dengan router modem pake IM2,..untuk melihat cctv melalui wlan sudah bisa dan tidak ada masalah, saya sudah daftarkan IP DVR di dyndns.com namun sampai saat ini saya belum bisa mengakses CCTV dari luar jaringan,…saya sudah coba setting di router untuk port forwarding.. tapi tdak ketemu menu port forwarding di routernya,..mohon pencerahan dan solusinya ..terima kasih


  10. Assalamualaikum,dan salam sejahtera bagi semua.
    Mohon ijin kami untuk menawarkan paket CCTV kami yang dapat di akses melalui LAPTOP ANDA dimanapun ketika “user” ber-ada , sehingga meninggalkan rumah dengan aman dan dapat dipantau selama 24 jam penuh, ketika anda sedang liburan diluar kota, Camera kami menggunakan Infla Red ( yang dapat melihat dikegelapan malam ) sehingga hasil rekaman dapat di lihat ulang dengan jernih.

    Kami menawarkan produk Korea/sekelas dengan “SAMSUNG”
    4 CAMERA DOME INFLA RED + DVR NETWORKING + HARDISK GB + Tv 21″( tv layar datar/slim)
    DAPAT MEREKAM SECARA”OTOMATIS” SELAMA 30 HARI(1 BULAN FULL ), GUARANTEE 1 TAHUN.

    *** PAKET ALARM ( YANG APABILA ADA ORANG YANG TIDAK DIKENAL MASUK KERUMAH , MAKA SECARA OTOMATIS AKAN MENGIRIM SINYAL..KE HAND PHONE ANDA, SECARA LANGSUNG.

    TRIMAKASIH SEBELUMNYA

    NANANG ( 0817 6779 139 )
    PT.BIVINDO YANANDA ( Special CCTV & Alarm system & IT Support )


  11. Mengakses CCTV melalui internet memang sudah menjadi kebutuhan bagi yang ingin melakukan fungsi pengawasan dari jarak jauh


  12. Harus hati2 memilih ISP yang memungkinkan incoming request, tidak semua ISP membuka akses ini


  13. I really enjoyed this read. Keep up your great work.


  14. I am also writing to let you know of the great encounter our daughter obtained going through yuor web blog. She noticed too many pieces, which include how it is like to possess a very effective giving mindset to make the others without difficulty comprehend some hard to do matters. You really exceeded people’s expectations. I appreciate you for distributing these invaluable, trusted, edifying and in addition easy guidance on this topic to Kate.


  15. thanks gan.. ane nyari masalh cctv jumpa disini


  16. mo tanya gan, klu cctv kita yg sudah online trus mo di liat di laptop pake modem usb(flash) bisa gak ya…

    tank’s buat pencerahaannya…


  17. Bisa saja dengan catatan cctv itu memang bisa diakses dari jaringan luar, bisa dengan dikasih ip publik, port forwarding, atau VPN.


  18. oh ya sekalain klu ada yg bisa tolonging ane kirim via email aja ya >>> tani.mulya@ymail.com <<<

    tank's


  19. malem gan .. mau nanya ni , kenapa waktu akses cctv dari LAN maupun internet gambarnya ada bercak2 merah dan biru , apa computerny kena virus ato knp .. thank’s


  20. Somebody essentially help to make seriously posts I would state. This is the first time I frequented your website page and thus far? I surprised with the research you made to create this particular publish extraordinary. Fantastic job!


  21. My sister is quite puzzled. It’s time to go now, but the support is hard to reach.

RSS