Peranan Jasa Kurir Di Bisnis Online

Posted in Online Business on August 29st, 2008 | (41) Comments

Saat ini saya sedang mengerjakan web toko online untuk produk yang saya pasarkan. Lumayan untuk memangkas modal awal, karena bisa saya kerjakan sendiri. Di web ini nantinya ada katalog produk dan tentu saja shopping cart. Di Indonesia ada beberapa toko online yang memberikan layanan gratis ongkos kirim ke seluruh daerah atau sebagian daerah dan ada toko online yang membebankan ongkos kirim kepada pembeli. Toko online saya, juga akan membebankan ongkos kirim ke pembeli. Nah di sini letak tantangannya.

Beberapa waktu yang lalu saya juga sempat melakukan survey terhadap beberapa rekan saya tentang kebiasaan mereka membeli barang secara online. Hasilnya akan saya bahas lain kali. Tetapi untuk posting kali ini akan saya titik beratkan pada komponen ongkos kirim.

Ongkos kirim adalah biaya yang dikenakan kepada pembeli sebagai biaya pengiriman dari toko ke alamat pembeli. Biaya ongkos kirim didasarkan atas berat dari barang termasuk packing-nya. Tetapi untuk berat yang sama akan berbeda juga ongkos kirimnya tergantung tujuannya. Ongkos kirim biasanya dihitung per kilogram. Jika barang (plus packing) beratnya kurang dari 1kg tetap dihitung 1 kg. Bahkan beberapa jasa kurir ada yang menggunakan range berat, misal 1-2 kg berbeda dengan 3-5 kg. Tentunya ini akan memberikan hasil yang berbeda pada komponen ongkos kirim, tetapi umumnya toko online membebankan ongkos kirim per kilogram.

Pesatnya pertumbuhan transaksi online di Indonesia membutuhkan perhatian bagi para pihak ketiga yang menyediakan jasa kurir pengiriman barang, misalnya Tiki, ESL Express, PT. Pos Indonesia dan masih banyak lagi. Saya yakin bahwa hampir semua toko online membutuhkan jasa kurir untuk mengirimkan barangnya ke pembeli.

Jika jasa kurir bisa mendukung toko online dalam penyediaan ongkos kirim yang bisa diintegrasikan ke aplikasi toko online, tentu akan memberikan nilai tambah. Si pemilik toko tinggal mengakses database kurir untuk setiap transaksi di tokonya, sehingga begitu checkout si pembeli langsung tahu berapa yang harus dibayarkan tanpa menunggu konfirmasi ongkos kirim dari penjual. Demikian juga di sisi penjual, tidak perlu melakukan perhitungan manual tetapi cukup mengecek pesanan, menunggu konfirmasi pembelian dan pembayaran, lantas tinggal mengirim barang melalui saja kurir.

Bagi jasa kurir ini pesatnya pertumbuhan toko online di Indonesia tentu akan menjadi pasar baru. Semakin banyak toko online, semakin terbuka pasar yang membutuhkan jasa kurir. Tetapi tentunya ada hal-hal yang perlu disiapkan oleh penyedia jasa kurir.

Apa saja yang perlu disiapkan oleh jasa kurir?

  1. Online database yang bisa diakses dengan aplikasi tertentu, atau menyediakan interface sehingga web toko online tinggal mengirimkan data-data yang dibutuhkan untuk memperoleh ongkos kirim secara real-time.
  2. Infrastruktur yang mendukung point (1)
    Infrastruktur ini berupa jaringan internet untuk mendukung sistem realtime online
  3. Layanan penjemputan terhadap barang yang akan dikirim
    Tentunya dengan minimal jumlah atau berat tertentu
  4. Diskon khusus bagi toko online yang menggunakan layanannya
    Sebagai nilai tambah untuk menarik toko online menggunakan layanannya

Sepertinya pekerjaan besarnya adalah pada point (1) dan point (2), yaitu menyediakan online database yang bisa diakses oleh siapapun termasuk kompetitor termasuk infrastrukturnya. Nilai investasinya saya tidak bisa menentukan, tetapi jika ini digarap dengan serius maka pertumbuhan toko online akan semakin pesat dengan nilai transaksi yang jauh lebih banyak.

Tertarik untuk mengembangkannya?

Ada yang punya pendapat atau ide lain? Mungkin malah dari jasa kurir ada yang memberikan feedback. Saya persilahkan.

Catatan: Tulisan ini juga saya sertakan dalam kontes blog tentang bisnis online.

Popularity: 22% [?]

Comments:

41 Responses to “Peranan Jasa Kurir Di Bisnis Online”


  1. bagus mas arif, kira2 nanti produkku bisa dijual gak?
    o iya, jasa pengiriman setahuku untuk harga kirim itu tidak hanya mempertimbangkan berat barang kirim saja, tetapi volume barang juga. jadi mana yang lebih besar nilainya itu lah yang diambil sebagai patokan mereka. seperti kemaren aku kirim kap lampu ke jogja dengan berat 2 kg, ukuran 60 cm x 60 cm x 40 cm, yang diambil besar volume barang sehingga biaya kirim 120ribu, padahal kalau diambil beratnya paling 20ribu saja. he he semoga bermanfaat

    Arief:
    Produk yang mana nih? Kalau sesuai dengan toko online saya, insya Alloh bisa mas :D
    Informasi tambahannya bermanfaat sekali mas. Mungkin karena makan tempat kali ya. Kemarin saya mau order sari Apel dari Malang, wah jatuhnya mahal. Karena yang dikirim adalah benda cair, ongkosnya jadi dua kali lipat dari berat.
    Untung ada yang bisa dititipin


  2. produk saya furniture dan aksesoris ( patung kayu, kaligrafi, jam dan mainan kayu berbagai macam bentuk). nanti tak kirimin contohnya, tapi foto lho bukan barangnya he he.
    iya mas, karena makan tempat itu masalahny sehingga jadi mahal


  3. Mas kalau mau buat laporan gmana? Ada tugas PkM dari kampuz nieh?

    Arief:
    Tugas tentang apa mas? Mau buat laporan tentang apa? Terus ada hubungan apa ya dengan saya :D


  4. [...] 10. Arief Fajar Nursyamsu [...]


  5. Halo kang Arief, salam kenal nih. Bahasan menarik nih kalo ngomong masalah toko online.

    Arief:
    Salam kenal juga mas. Terima kasih sudah mampir ke sini.
    Gimana, pernah coba toko online?


  6. Ada juga toko online, cuma tingkat konversinya koq masih minim banget ya :) ? What’s wrong? Sepertinya saya masih perlu banyak belajar nih mas.

    Arief:
    Bounce rate-nya tinggi ga mas? Kalau tinggi bisa jadi disebabkan karena mereka nyasar, atau tidak ada barang (informasi) baru, atau tidak ada yang menarik sama sekali di toko kita.
    Coba diperhatikan berapa lama pengunjung itu di toko online. Kalau lama tapi tidak ada konversi, mungkin sekali-kali perlu ask the audience ya :D


  7. Mengenai biaya jasanya lewat apa mas?

    terima kasih.. salam kenal. Sukses selalu..

    Arief:
    Maaf, saya belum paham mengenai pertanyaannya. Bisa dijelaskan lagi?


  8. Bahasan yang niche Mas……pelajari pasar sampai akarnya


  9. Mas arif lam’kenal aku suka dengan pembahasan ini. Kalau dari sisi jasa kurir mereka biasanya sudah seperti toko online dan jasa kurirnya biasanya disebabkan pengirimannya yang continu contoh: misalnya sebuah bank kirim kalender dia tidak mau ambil pusing untuk barang kalendernya tapi dia tlp jasa kurirnya tuk ambil barang ke gudangnya ataupun pabriknya langsung, tinggal kasih data penerima beres.


  10. mas Arief, artikelnya bermanfaat. Oya, ngomong2 sudah ada apa belum jasa kurir yg menyediakan online database untuk bisnis online? mohon info nya. thanks.


  11. Mas..
    Kalo mau aneka kripik buah,aneka camilan n makanan khas Malang, tengok aja:
    java_food.indonetwork.co.id
    Thanx..


  12. Hai Mas Arif, pakabar? Saya rina, tinggal di Denpasar. Saya kebetulan bantu2 usaha suami di perusahaan kurir & kargo untuk wilayah Bali. Saya menawarkan proposal untuk pendeliverian barang di Denpasar dsk. Jika berkenan akan saya info secara lengkap via email. Thanks

    Mbak Rina, saya follow up di email ya mbak..


  13. analisa yg cerdik sekali bos, q jadi pengen ketemu ma kamu bos, q dulu pernah jadi kurir di jakarta, kalo di solo udah mulai rame, gmn kalo kita kerjasama usaha jasa kurir. no.hp q bos. 085.725.246.226


  14. Wah artikel ini yg saya cari2… Saya rencana dekat ini akan meluncurkan toko online dan lagi ada kendala waktu checkout transaksi penjualan yaitu mengintegrasikan total pembelian skaligus total ongkos kirim (Tiki, JNE) yg harus dibayar.
    Dimana kita mendapatkan pricelist ongkos kirim dr penyedia jasa pengiriman tsb?

    Coba kontak langsung saja ke kurirnya, kadang ada yang mau ngasih. Kadang disarankan malah untuk mengecek secara manual di web. Saya pernah minta ke salah satu kurir, dan datanya diberikan dalam bentuk fax, artinya saya harus entry ulang :(


  15. saya sdg merintis usaha jasa kurir dalam kota. saya memberi tarif 5rb/5km. tidak melihat berat barang namun jarak yg ditempuh dari tempat penjemputan. biaya penjemputan gratis, barang yg diorderkan hanya brg2 yg wajar diangkut oleh armada motor roda 2. saat ini saya baru bisa melayani di kota semarang. jika berminat bisa menghubungi nouval di 0812252638. terima kasih dan semoga menjadi solusi untuk toko online di semarang.


  16. ralat, nomor hape nouval 081225263858


  17. mas arief..saran mas kalo kita punya toko online kita pake jasa kurir nya yg uda terkenal (tiki, jne) ato yg biasa2 aja tp bisa memberikan harga yg lebih murah dr tiki ato jne..gmn pdpt n saran mas arief?


  18. kalo saya pake yang udah ada nama aja biar safe, dan terpercaya walaupun kadang yang terkenal pun bisa teledor kerjanya


  19. salam kenal mas arif saya baru menekin jasa kurir surat dan document dan sementara ini mempunyai 3 orang tenaga lepas untuk pengiriman surat/document hitungan/surat rp 1500-3000 untuk wilayah jakarta apabila ada yang membutuh jasa saya hub:021-6333974/99454667 trima kasih


  20. Assalamualaikum mas Arif Saya mempunyai usaha jasa kurir dalam kota yang telah memiliki pengalaman selama 8 tahun untuk wilayah PEKAN BARU.siap mengantar surat-surat,dokumen-dokomen,undangan pernikahan,tiket. dll untuk pribadi,perkantoran,bank,agentravel dll.dengan harga yang sangat murah hanya Rp 3000\5km.dijemput dan di antar langsung GAK PAKE LAMA Apabila anda membutuhkan jasa saya dapat menghubungi EXAN MEDIA COURIER(CV)081365530008-081399731790.tks


  21. Wah Te O pe ini.. Cerdik memilih niche market.. sama kaya demam emas di Amerika. perusahaan yang paling jaya adalah penyedia celana jeans dan penjual Sekop :)


  22. Mas, arif sy tertarik dgn terobosan yg di cetuskan , sy baru mau mulai bisnis jasa kurir di kota bandung..kira 2 apa langkah pertama yang saya lakukan.untuk memulainya. trus klw blh minta no Hp Mas Arif. Tks


  23. mas arief , berarti webnya untuk skala UMK atau enterprise?


  24. Wah sukses dgn toko onlinenya. Sejauh ini sih pengalaman menggunakan jasa kurir diatas belum ada masalah. Termasuk pt pos untuk pengiriman keluar negeri seperti malaysia. Memang lebih murah tp lbh lama. Selama costumer tidak masalah bisnis jalan terus. Bisa gak ya ki barter foto produk. Sapa tau bisa bekerjasama.


  25. Wah, menarik postingnya mas, kebetulan saya lagi cari jasa kurir yg cocok buat produk saya, soalnya makanan nih, rada repot. Bisa bantu mas jasa kurir yg recomended? klo tiki/jne takutnya dah penyok2 rusak semua..


  26. Bahasan menarik, dan jasa kurir ini memang sangat penting sekali keberadaan dan pelayanannya, apa lagi bila menggunakan metode jemput bola, maksudnya: jasa kurir ini membidik juga pangsa pasar online shop, dan menawarkan berbagai kemudahan seperti ambil kiriman di alamat online shop, terlebih online shop yg rame, memiliki jumlah pelanggan yang banyak dan volume pengiriman yang besar. Sudah saatnya Jasa Kurir mendata, mana kira-kira online shop yang bisa diajak kerjasama dan membutuhkan layanannya.
    Alhamdulillan Kami menggunakan jasa kurir yang baik hati dan memberikan pelayanan yg memuaskan dan tarifnya lumayan lah, mereka hampir setiap hari datang mengambil paket, bahkan tidak jarang sekedar SMS menanyakan apa ada paket yang menggunakan jasanya (kami menyerahkan sepenuhnya pilihan jasa kurir ke pelanggan), dan syukurnya tidak sedikit pelanggan mau menggunakan jasa kurir ini.
    itu saja salam,


  27. Saya setuju bahwa jasa kurir sangat tepat sering bertambahnya toko online apalagi meningkatnya pengguna internet di Indonesia. Saya sering mobile dari Surabaya ke Malang, kayaknya tepat juga buat membuka bisnis tersebut.


  28. Wah memang jasa kurir banyak sekali bermunculan , nah saya salah satu yang bermain di bisnis tesebut namun hanya konsen di udara dan partai besar jika ada yg membutuhkan handling atau SMU udara saya bisa bantu…hub saya di 087880879806


  29. maaf saya berdomisili di jakarta ,apapun kirimannya insyaAlloh bisa kami kerjakan,..


  30. mas sy roby mo menawarkan kpd toko on line yg ada di depok-jawa barat tuk bekerja sama dg sy di COURIER’PLUS multitask service tuk kirim barang dlm kota khususnya depok dan sekitarnya.hrg murah tuk beda wilayah jangkauan tambah Rp 5000/wilayah.tlp 021-94024287 / 0818831528. membuka kesempatan kpd rekan bisnis tuk buka cabang di kota msg2.


  31. PANGLIMA EXPRESS siap menjadi mitra bisnis Anda.
    YM: panglimaexp.semarang
    http://panglimasemarang.wordpress.com
    FREE PICK UP SERVICE


  32. SAYA SIAP MENJADI MITRA USAHA ANDA DI WILAYAH MAKASSAR DAN AJATAPPARENG..hub syahrulz68@gmail.com


  33. Thanks banget tipsnya..


  34. saya mencari jasa kurir/cargo dari Solo ke Malaysia (Port Klang)via jalan laut. ongkos kirim nya berdasarkan saiz paket atau berat? kalau dari jakarta, saya selalunya kirim dgn Surya Ekspress.. min charge nya Rp245rb per paket.. atau90rb per cubic meter (harga lama). kalau ada info, tolong kabarkan kepada saya secepatnya.. BB pin 2297121E


  35. nice, emank banyak banget sekarang yg bisnis online. menguntungkan


  36. kami jasa kurir online
    siap membantu para online trader
    http://www.kaskus.us/showthread.php?p=403548522&posted=1#post403548522


  37. saya mau ikutan,boleh nggak?saya pemula


  38. Salam kenal… sy rasa apa yg Mas Arief kemukakan sangat bagus. Diskon khusus dari pihak kurir bisa tmbh menguntungkan org2 yg berbisnis online. Asalkan kinerja pihak kurir tetap bisa dipertanggungjawabkan, jangan hnya krn hrg diskon trus dikasih pelayanan yg berbeda. :)
    Semoga lancar jaya dg online shopnya…


  39. Thanks banget tipsnya..


  40. kalo benda cair pakai jasa kurir apa ya


  41. wah tipsnya okey sekali buat saya yang lagi belajar bisnis online,. thanks,. ^^

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.

RSS